manfaat umroh di usia muda

Banyak yang beranggapan bahwasanya ibadah ke Tanah Suci seperti haji atau umroh merupakan ibadah yang hanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah tua saja. Padahal sebenarnya, Allah telah memerintahkan kita umat muslim, bahwasanya ibadah apapun itu harus dilaksanakan selagi mampu dan ternyata, ada banyak manfaat umroh di usia muda. Ini perlu kita pahami lebih dalam.

Anak-anak muda identik dengan masa untuk bersenang-senang dan hura-hura, sehingga tak jarang dari mereka yang mengabaikan urusan-urusan agamawi. Jangankan untuk umroh, sholat 5 waktu saja banyak yang tertinggal. Selain itu mirisnya lagi, banyak anak-anak muda yang lebih tertarik untuk berkunjung ke Eropa atau Korea ketimbang berkunjung ke Tanah Suci Mekkah.

Padahal jika dikaji lebih jauh, ada banyak keuntungan yang bisa kita peroleh jika kita melaksanakan ibadah umroh di usia yang masih muda ketimbang saat kita sudah mulai menua.

Banyak Manfaat Umroh di Usia Muda, Mulailah Menabung dari Sekarang

Kita tidak akan tahu sampai kapan usia kita

Maut merupakan hal yang pasti, siapapun bisa menemui ajal kapanpun dan dimanapun, tidak terkecuali ketika masih muda. Jadi selagi masih ada kesempatan untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah, kenapa tidak dilakukan?

Stamina masih terjaga di usia muda

Baik ibadah haji maupun umroh sama-sama membutuhkan fisik dan stamina yang cukup baik. Perjalanan dari Indonesia hingga ke Tanah Suci membutuhkan waktu yang panjang dan akan semakin menguras tenaga ketika Anda sudah mulai melaksanakan tatacara dan rukun umroh. Inilah manfaat umroh di usia muda, sebab saat sudah tua, kegiatan tersebut pasti akan sangat melelahkan.

Membantu menemukan jalan hidup dan jati diri

Sebagai anak muda, wajar jika sering merasakan kegalauan dan kerisauan. Tanah Suci menjadi tempat yang tepat untuk ‘melarikan diri’ sejenak dari kegalauan dan kerisauan kita selama ini. Kita bisa memanjatkan doa secara langsung di depan Ka’bah, mengharap petunjuk, ridho dan limpahan rahmat dari Allah subhanahuwata’alla dengan khusyuk dan merendah.

Menghapus kegalauan mengenai jodoh

Sudah berusaha kesana kemari namun tidak kunjung menemukan jodoh? Berkeinginan menikah di usia muda dengan jodoh yang terbaik? Sisihkan uang untuk berumroh. Jabal rahmah merupakan tempat yang tepat bagi mereka yang sedang galau masalah jodoh dan kekhawatiran lain mengenai masa depan.

Melihat orang-orang khusyuk dan berserah diri

Tangis haru, tawadhu’, kekhusyukan, niat yang tulus, adalah hal-hal yang bisa kita rasakan ketika berada di Tanah Suci untuk beribadah. Kita akan merasakan langsung betapa saudara-saudara kita sesama muslim beribadah dan memanjatkan doa dengan khidmat hingga tanpa sadar membuat kita merasa tersentuh dan ingin menangis. Siapa yang tidak ingin merasakan pengalaman relijius yang luar biasa ini?

Perubahan positif setelah beribadah

Jika sedari awal niat kita lillahi ta’ala untuk beribadah menjadi tamu Allah di Tanah Suci, maka kita akan dapat merasakan segala perubahan yang positif dalam kehidupan kita setelah pulang umroh. Lambat laun pasti akan terasa betapapa inilah manfaat umroh di usia muda yang tentu akan sangat bermanfaat untuk masa depan kita.

Anak-anak muda jangan hanya berpikiran masalah duniawi saja, Allah dan Rasul-NYA mencintai para pemuda yang tekun beribadah. Melihat banyaknya manfaat umroh di usia muda, mulailah menabung dari sekarang atau ajaklah orangtua Anda untuk beribadah ke Tanah Suci bersama agen travel umroh terbaik, Al-Hijjaz.

Leave a Comment