tips beli oleh oleh umroh

Tips beli oleh-oleh umroh tentunya sangat dibutuhkan bagi mereka yang ingin berangkat menunaikan ibadah umroh ke tanah suci. Apalagi bagi mereka yang pertama kali menunaikan ibadah umroh ini. Banyak sekali persiapan yang harus dilakukan. Salah satunya, banyak membaca tips untuk membeli oleh-oleh agar saat sesampainya di sana sudah tidak bingung lagi .

Oleh-oleh menjadi identik saat seseorang pergi, baik berlibur maupun beribadah seperti umroh dan haji. Namun, perlu diketahui niat utama untuk ibadah jangan sampai di nomor dua kan karena terlalu fokus memikirkan oleh-oleh apa yang akan dibeli saat umroh nanti.

Tips beli oleh-oleh umroh yang paling penting adalah saat jam kita santai. Tidak mengganggu waktu untuk ibadah. Bisa saat sebelum maupun sesudah sholat jamaah di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Jadi fokus pertama kita tetap untuk ibadah umroh dan oleh-oleh hanya  sebagai pemanis saat kita pulang nanti.

Beberapa Tips Beli Oleh-oleh Umroh

  1. Buat list belanja

Sebelum kita berangkat ke Mekah, sebaiknya kita menyiapkan terlebih dahulu barang apa yang akan kita beli, misal kan ingin membeli kurma, maka berapa bungkus yang akan kita beli, begitu juga dengan barang yang lainnya. Jadi saat kita berada di Mekah maupun Madinah nanti kita sudah siap akan membeli barang apa saja.

Selain membuat kita lebih tertata saat belanja, hal ini juga bisa menghemat waktu. Di saat mempunyai waktu senggang kita bisa langsung membelikan barang apa saja yang ada di daftar belanja kita. Maka, uang yang disiapkan pun sudah sesuai dengan perkiraan total belanja kita.

  1. Tukarkan uang

Namanya berada di negara lain, pasti harus mengikuti segala sesuatu di negara tersebut. Sama halnya dengan berada di Mekah saat beribadah umroh ini. Kita harus menyiapkan uang dalam bentuk mata uang di Mekah. Sebelum berangkat umroh, biasanya disediakan oleh penyedia jasa travel untuk uang saku selama ibadah di sana.

Namun, saat uang kita sudah habis di sana ada jasa atau biro yang juga menyediakan jasa penukaran uang.

  1. Belanja bersama

Tips beli oleh-oleh umroh yang selanjutnya adalah saat berada di Mekah ataupun Madinah sebisa mungkin kita belanja bersama dengan kerabat atau teman kita sesama jamaah. Hal ini untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan, seperti terpental dengan rombongan .

Selain itu, saat kita belanja bersama bisa untuk sharing barang apa yang bagus atau lebih bagus. Jadi bisa buat teman berbagi pendapat.

  1. Belanja di pedagang kaki lima

Ada beberapa pedagang kaki lima di Mekah maupun Madinah. Tidak beda jauh di Indonesia namanya pedagang kaki lima tetap merajalela. Digusur pun menjadi hal yang biasa. Para petugas berlari-larian mengusir para penjual kaki lima ini. Maka, gunakan uang yang pecahan kecil untuk mengantisipasi petugas datang. Apabila menggunakan uang besar ditakutkan belum mendapat kembalian petugas sudah datang.

Tips beli oleh-oleh umroh sebenarnya hanya persiapan yang matang. Baik keuangan maupun perencanaan. Jadi, saat sesampainya di Mekah maupun Madinah nanti kita sudah siap mengatur jadwal dan barang apa saja yang akan kita beli. Sehingga saat di tanah suci nanti kita sudah fokus untuk beribadah. Bukan sibuk memikirkan oleh-oleh yang akan kita bawa pulang.

Leave a Comment