belanja oleh oleh umroh

Belanja oleh-oleh umroh biasanya berada di daerah yang dekat dengan tempat-tempat beribadah. Namun, untuk mereka yang baru pertama kali beribadah ke tanah suci pastinya merasa bingung dimana bisa membeli oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah.

Ada sebaiknya kita banyak membaca dan mencari informasi tentang berbagai tempat pusat belanja di kota Mekah maupun Madinah. Ataupun mencari informasi bertanya kepada jamaah yang pernah menunaikan ibadah umroh ke tanah suci.

Ibadah umroh,  jamaah yang berada di Mekah maupun Madinah  tidak sepadat saat musim ibadah haji. Jadi bisa memilih akan kemana kita membelikan oleh-oleh untuk sanak saudara kita di rumah. Tempat belanja oleh-oleh umroh terdiri dari pasar tradisional maupun pasar modern. Kita bisa menyesuaikan ingin kemana kita belanja oleh-oleh nanti.

Beberapa Tempat Belanja Oleh-oleh Umroh

  1. Pasar bab Mekah

Pasar ini dapat dijangkau 10 menit dari pusat kota. Tepatnya di Suhaifa sudut kota Jeddah, Arab Saudi. Seperti pasar oleh-oleh pada umumnya, pasar ini menyediakan berbagai macam pernak-pernik oleh-oleh khas dari tanah Arab itu. Dari kurma, baju, elektronik, hiasan semua disediakan.

Pasar ini buka dari pagi sampai waktu sebelum masuk sholat zuhur, pasar ini dikenal murah. Penjualnya pun banyak yang bisa berbahasa Indonesia jadi cukup dimudahkan saat kita berbelanja di sini.

  1. Pasar kurma Madinah

Tempat belanja oleh-oleh umroh seperti baju, sajadah, mukena, tasbih maupun pernak-pernik lain jangan di Madinah. Karena harga yang ditawarkan cukup mahal. Namun, apabila ingin membawa pulang buah kurma, di Madinah lah tempatnya. Di sini terjual berbagai macam jenis kurma, dari yang kualitas biasa sampai kualitas nomor satu.

Di Madinah bisa memilih jenis kurma yang ingin kita beli dengan harga bervariasi yang cukup murah. Jenis kurmanya pun beragam dan juga sangat lengkap. Pasar ini terletak tidak jauh dari pusat tempat beribadah.

  1. Pasar Zakfariah

Pasar ini disebut dengan istilah pasar borong. Saat kita ingin membeli barang dengan jumlah banyak biasanya para jamaah umroh membelinya di pasar ini. Pasar yang tutup saat jam sholat itu terletak 1 Km dari Masjidil Haram, Mekah. Apabila berbelanja di sini kita harus bisa tawar menawar karena biasanya pedagang akan menawarkan barangannya dengan harga selangit.

Namun, saat kita bisa menawar, pasar borong ini dikenal dengan pasar murah. Tak perlu bingung dalam perihal bahasa, pedagang di sini fasih menggunakan bahasa kita, bahasa Indonesia.

  1. Pusat perbelanjaan bin Dawood

Pasar ini semacam pasar modern seperti swalayan-swalayan di Indonesia. Pusat oleh-oleh  yang penjualannya menggunakan sistem harga pas. Jadi buat kita yang tidak bisa tawar menawar di rekomendasikan untuk berbelanja di pasar ini.

Pasar yang berada di Aziziyah, Misfallah,  Sulaymaniyah, dan Ajyad itu menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas umroh dan juga keperluan ibadah dengan diskon-diskon yang menarik.

  1. Pasar Seng

Bagi para jamaah yang mungkin ingin membeli pernah-pernik perhiasan khas kota Mekah, seperti emas dan perak, di pasar ini lah tempatnya. Pasar yang terletak di Suqudz Dzahab dekat Masjidil Haram itu menyediakan berbagai macam pernak-pernik dengan harga yang bervariasi.

Selain pasar-pasar di atas,  belanja oleh-oleh umroh bisa di tempat lain seperti Balad dan Tahlia Street yang menyediakan berbagai macam pernak-pernik, baju, perlengkapan ibadah yang di impor dari negara lain. Buat kalian yang menyukai barang-barang branded di pasar inilah tempatnya. Barang yang dijual langsung diimpor dari Bangladesh, Irak, bahkan Paris dan Jerman.

Leave a Comment