umroh

Umroh atau disebut haji kecil adalah salah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam. Kenapa disebut haji kecil? Karena kegiatannya hampir mirip dengan haji. Yang membedakan adalah waktunya. Jika umroh bisa dilaksanakan sewaktu-waktu, maka haji hanya dilaksanakan pada musim haji yaitu antara tanggal 8 Dzulhijjah hingga 12 Dzulhijjah.

Karena ritual ibadahnya yang mirip dengan haji inilah, maka banyak yang memilih untuk umrah sebagai alternatif selama menunggu lamanya ibadah haji. Umrah dan haji adalah panggilan hati sehingga beberapa orang yang sudah merasakan nikmatnya beribadah di tanah suci, akan selalu rindu untuk kembali. Sementara itu, bagi Anda yang hendak melaksanakan ibadah umrah, berikut ini adalah tata caranya secara lengkap sebagai gambaran di tanah suci kelak.

Tata Cara dan Pelaksanaan Umroh

Menuju Tempat Miqat

Tempat untuk mengawali niat dan berpakaian ihram dinamakan Miqat. Miqat ini ada di Bir Ali. Adapun untuk pakaian ihram diperbolehkan dikenakan sejak di Madinah. Sementara niatnya tetap di Bir Ali. Jika sudah memakai pakaian ihram, shalat sunnah ihram 2 rakaat.

Tidak Menggunakan Wewangian

Selama menggunakan pakaian ihram, ada beberapa larangan yang harus dipatuhi, di antaranya:

  • Tidak boleh menggunakan minyak wangi,
  • Tidak boleh mandi menggunakan sabun,
  • Tidak boleh menyikat gigi dengan pasta gigi,
  • Dilarang menghilangkan rambut atau apa pun yang ada di bagian tubuh,
  • Tidak boleh menggunakan peci atau pakaian lain,
  • Dilarang melakukan hubungan suami istri.

Jika larangan di atas dilanggar, maka jamaah terkena denda berupa hewan kurban atau memberi makan fakir miskin.

Membaca Talbiyah

Kalimat talbiyah berbunyi:

“Labbaik Allahuma labbaiik, labaiiika laa syarika laka labbaiik. Innal hamda wanni’mata laka wal mulk laa syarika laik”.

Semakin sering dilafalkan, maka semakin utama kemuliaannya.

Rukun Umroh

Setelah semua persiapan tersebut dilaksanakan, barulah umrah dilaksanakan sesuai rukun. Rukun umrah terdiri dari beberapa hal berikut:

Tawaf mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali.

Sebelum tawaf, jamaah harus berwudu dulu supaya dalam keadaan suci. Pada tahap ini, orang yang melakukan ibadah umrah perlu melakukan putaran 1-3 kali dengan berlari kecil. Setelahnya kembali berjalan biasa 4-7 putaran dengan menghadap Ka’bah. Selama berputar, jamaah mengucapkan ‘Bismillah, Allahu Akbar’ dengan melambaikan tangan 3 kali.

Selain itu, tawaf biasanya diiringi dengan bacaan Alquran, zikir tasbih, tahmid, dan tahlil. Setelahnya akhiri dengan salat 2 rakaat di depan makam Ibrahim dan minum air Zam-zam.

Sai antara Shofa dan Marwa sebanyak 7 kali bolak-balik.

Sai dilakukan dengan berjalan. Kemudian lari-lari kecil saat memasuki batas 2 lampu hijau. Dari Shofa ke Marwa dihitung satu, kemudian dari Marwa ke Shofa dihitung dua. Begitu seterusnya sampai tujuh kali.

Mencukur rambut atau Tahallul

Sebagai bagian dari rukun umrah, tahalul adalah dihalalkannya larangan ihram dengan cara mencukur rambut. Boleh dicukur sebagian, tetapi diutamakan dicukur seluruhnya. Tahallul ini dilakukan setelah melakukan Sai yang ke tujuh.

Tertib

Rukun terakhir yang perlu diterapkan adalah tertib. Semua harus dilakukan dengan berurutan sehingga ibadah umrah dinyatakan sah dan selesai.

Umrah merupakan ibadah yang memiliki banyak keutamaan dan sangat mulia. Bagi Anda yang sedang mencari-cari travel untuk umroh, Alhijaz Travel adalah rekomendasi terbaik. Travel ini memiliki izin resmi dari Kemenag RI dan menjadi travel nomor 1. Tunggu apa lagi? Anda bisa melihat jadwal keberangkatan yang ada di halaman website dan langsung menghubungi Alhijaz Travel.