budget untuk umroh

Ketika akan berangkat menjalankan ibadah umroh tentu saja hal yang perlu diprioritaskan selain niatan beribadah adalah budget untuk umroh. Pasalnya tidak semua jemaah bisa mengumpulkan anggaran berlebih untuk bisa memenuhi kebutuhan selama berada di tanah suci. Ada banyak yang harus menyisihkan uang terlebih dahulu agar bisa mewujudkan niatnya.

Tentu saja sama dengan hal lainnya, anggaran sebisa mungkin ditekan dan memprioritaskan segala kebutuhan yang memang benar-benar diperlukan. Penghematan ini bisa dilakukan dengan beberapa macam cara. Dengan menghemat anggaran, uang bisa digunakan untuk hal lain yang mungkin diperlukan di masa datang.

Cara Mudah Menghemat Budget Untuk Umroh

Waktu Keberangkatan

Menghindari keberangkatan di waktu tertentu memang sudah menjadi rumusan yang paten untuk semua rencana perajalanan maupun liburan. Jika Anda ingin menghemat pengeluaran Anda ketika akan melaksanakan ibadah umroh, maka pilihlah waktu di luar waktu “favorit”, semacam waktu ramadhan, Idul Adha serta waktu-waktu yang termasuk dalam “peak season”.

Hal ini berkaitan dengan tingginya traffic ketika memilih umroh di waktu-waktu tersebut. Seperti dalam prinsip ekonomi, semakin tinggi permintaan maka semakin tinggi pula penawaran, maka ketika Anda memilih waktu umroh di saat-saat tertentu tersebut, maka harga yang akan Anda dapatkan tentunya lebih mahal dibandingkan dengan hari biasa.

Paket Murah

Salah satu cara lain untuk menghemat budget untuk umroh adalah dengan memilih paket murah yang banyak diberikan oleh travel umroh. Anda dapat membandingkan harga yang ditawarkan oleh agen perjalanan satu dengan yang lain. Perbandingkan bukan hanya harga melainkan juga fasilitas yang akan Anda dapatkan. Bisa saja sebuah agen menetapkan paket murah namun ada biaya tambahan lain yang harus Anda bayarkan nantinya yang tidak termasuk dalam paket.

Gali informasi sebanyak mungkin agar Anda tidak tertipu dengan paket murah yang ditawarkan. Keterbukaan sangat penting agar tidak ada pihak yang dirugikan. Selain itu, jangan buru-buru tergiur dengan harga paket yang terlalu murah. Sebab standar paket umroh yang ada di Indonesia biasanya berkisar antara 21 – 35 juta. Jika ada yang menawarkan di bawah harga tersebut, terlebih menanjikan berangkat di “peak season”, Anda harus lebih waspada.

Agen Terpercaya

Memilih agen perjalanan ternyata juga bisa menghemat budget untuk umroh yang harus Anda keluarkan. Sebab, agen terpercaya semacam ini memiliki keterbukaan yang akan memudahkan Anda untuk bisa mengatur kembali pengeluaran Anda. Selain itu, Anda tidak perlu dipusingkan dengan hal tidak perlu, karena semua akan diurus oleh agen perjalanan Anda.

Pilihlah agen perjalanan yang memang sudah banyak memberangkatkan jemaah umroh dengan rekam jejak yang baik. Usia biro perjalanan tersebut bisa menjadi pertimbangan, walaupun tidak selamanya menjadi patokan. Semakin lama biasanya semakin berpengalaman. Namun jangan juga memandang sebelah mata agen travel start-up, sebab umumnya mereka menawarkan paket yang lebih menarik.

Catat Pengeluaran

Ketika berada di tanah suci, ada banyak hal yang rasanya ingin dibawa pulang agar perasaan dekat dengan tanah suci bisa terbawa sampai ke rumah. Hal inilah yang umumnya membuat anggaran menjadi membengkak, sebab kita cenderung membeli barang secara impulsif hanya karena perasaan emosional. Padahal belum tentu semua yang dibeli tersebut akan berguna ketika sudah dibawa pulang.

Maka dari itu, Anda harus mencatat segala hal yang akan Anda beli sejak sebelum berangkat. Pisahkan menurut prioritasnya. Hal ini bsia membantu Anda untuk menghemat uang dan juga menekan budget untuk umroh yang bisa dialokasikan untuk hal lainnya.

Leave a Comment