travel umroh dan haji

Mencari Travel Umroh dan Haji Yang Terpercaya

Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia menjadi negara pengirim jamaah umrah terbanyak ketiga ke tanah suci setelah Mesir dan Pakistan.

Tahun 2016 lalu jumlah jamaah umroh Indonesia mencapai 699,000 orang. Angka ini meningkat 7,2% dibanding tahun 2015.

Travel umroh dan haji pun semakin menjamur, mereka berlomba-lomba menawarkan paket umroh, dan tidak sedikit yang menawarkan umroh dengan harga yang sangat murah.

Permasalahan muncul dari menjamurnya travel umroh dan haji ini. Banyak jamaah yang justru gagal diberangkatkan, harus menunggu daftar antrian hingga bertahun-tahun terlantar di tanah suci umroh.

Lalu apakah yang terjadi sebenarnya di Indonesia? Benarkah banyak biro perjalanan umroh yang nakal menjanjikan bisnis money game? Apa akibatnya bagi calon jamaah umroh Indonesia itu sendiri?

Biro perjalanan haji dan umroh yang resmi

Sebenarnya hanya 300 biro perjalanan haji dan umroh yang resmi terdaftar di Kementrian Agama Republik Indonesia, namun fakta di lapangan berkata lain, nyatanya tak kurang hingga 3.000 an travel umroh yang beroperasi tanpa izin resmi tersebar di seluruh Indonesia.

Rata-rata biro yang tidak memiliki izin, mereka melakukan kerjasama / konsorsium dalam menyelenggarakan jasa keberangkatan umroh, ataupun membeli paket dari biro perjalanan haji dan umroh yang resmi.

Dengan begitu banyaknya biro tanpa izin yang tersebar di seluruh Indonesia sejarah, tentu saja ini menjadi tantangan besar oleh pemerintah khususnya di sini adalah Kementerian Agama Republik Indonesia untuk melakukan fungsi pengawasan.

Untuk itu tiada jalan lain selain memberikan pembekalan dan edukasi kepada masyarakat umum bagaimana cara memilih biro perjalanan haji dan umroh yang resmi atau terbaik. Salah satu program Kementerian Agama untuk edukasi hal tersebut adalah program 5 pasti umroh.

Daftar travel umrah bermasalah

Lalu Bagaimana solusi dari sekian banyaknya daftar travel umroh bermasalah yang ada di Indonesia? Demikian banyaknya oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab memberikan layanan keberangkatan ke tanah suci dengan mengatasnamakan agama untuk mengeruk keuntungan sebesar-besarnya?

Sekali lagi di sinilah fungsi control dari para calon jamaah sangat diperlukan. Program 5 pasti yang dicanangkan oleh Kementerian Agama harus benar-benar kami oleh masyarakat muslim indonesia pada khususnya.

Dimana 5 poin pasti umrah merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisah pisah. Satu saja poin tidak terpenuhi maka para calon jamaah wajib berhati-hati.

Apa saja 5 pasti umrah ?

  1. Pasti travel nya
  2. Pasti Jadwalnya
  3. Pasti Terbangnya
  4. Pasti Hotelnya
  5. Pasti Visanya

Boleh dicek daftar travel umrah bermasalah pasti tidak memenuhi minimal satu dari 5 poin pasti umrah.
Contoh: Misalkan pada sebuah travel umroh telah memiliki izin resmi, travel tersebut pun dapat menunjukkan tanggal keberangkatan pada paket umrohnya, namun ketika ditanya untuk informasi nama maskapai, nomor penerbangan, jam keberangkatan, travel tersebut tidak dapat menginformasikan. Dengan demikian gugur sudah salah satu poin dalam 5 pasti umroh yaitu pada point pasti terbangnya.

Rekomendasi travel umroh

Bagaimana cara mendapatkan rekomendasi travel umroh yang dapat dipercaya, pasti terbangnya pasti hotelnya pasti visanya? Hal tersebut sangat mudah dilakukan.

Yang paling sederhana adalah cek travel tersebut di situs Kementerian Agama atau kita dapat langsung datang ke kantor Kementerian Agama tempat dimana Bapak Ibu berada.

Setelah mengetahui status travel tersebut, langkah selanjutnya adalah memastikan jadwalnya. Hal yang paling penting diketahui adalah tanggal keberangkatan, dimana sebuah travel umroh resmi yang dapat dipercaya pasti dapat menunjukkan nama pesawat, nomor pesawat, jam keberangkatan hingga kepulangan secara pasti.

Selain mendapatkan informasi tersebut, hal penting lain yang harus dilakukan adalah mencari tahu kredibilitas travel umroh tersebut. Jangan segan untuk bertanya mencari tahu rekomendasi travel umroh dari orang disekitar anda yang pernah menggunakan travel umroh tersebut.

Sebuah testimoni yang jujur dari orang yang kita kenal akan sangat berarti dalam mengambil keputusan apakah travel umroh tersebut layak kita gunakan atau tidak. (Penulis : Alhijaz Indowisata)


Leave a Comment