masjidil haram terkini

masjidil haram terkini

Menurut jumhur ulama yang dimaksud dengan Masjidil Haram adalah area tanah kosong yang ada di sekeliling Ka’bah. Area yang dimaksud disini adalah area yang meliputi kabah, tempat tawaf dan bangunan maupun halaman untuk shalat. Apa yang ada pada Masjidil Haram Terkini adalah semua area yang telah dimulai perluasannya pada era kepemimpinan khalifah Umar Bin Khattab.

Masjidil Haram boleh dikatakan masjid tertua di dunia. Masjid ini setidaknya mempunyai 589 yang terbuat dari bahan marmer dan batu granit. Usia Masjidil Haram lebih tua sekitar 40 tahun dari Masjidil Aqsa.

Pada tahun 2012 perluasan Masjidil Haram dan renovasi besar-besaran dilakukan oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Hal ini perlu dilakukan oleh kerajaan untuk memberikan rasa nyaman dan layanan kepada para jamaah yang datang dari segala penjuru dunia untuk melaksanakan ibadah umroh dan haji.

Masjidil Haram 2020

Renovasi yang dimulai pada tahun 2012 diperkirakan akan selesai pada tahun 2020. Adalah bin Laden Corporation sebagai penanggung jawab proyek dan renovasi Masjidil Haram. Pengalamannya dalam bidang konstruksi sudah sangat diakui di dunia konstruksi internasional.

Profesionalisme kontraktor ini dapat dilihat dimana para jamaah umroh maupun Haji tetap dapat melakukan ibadah di Masjidil Haram walaupun pekerjaan renovasi tengah berlangsung.

 


Walaupun telah ditangani oleh kontraktor bertaraf internasional yang sudah sangat profesional namun apa mau dikata telah terjadi musibah sebuah crane jatuh di area pelataran Masjidil Haram pada tanggal 11 September 2015 sekitar pukul 04.00 sore waktu sempat. Musibah ini telah memakan korban jiwa sebanyak lebih dari 87 orang sementara 201 orang lebih lainnya mengalami luka-luka ringan maupun berat.

Musibah tersebut diakibatkan oleh hantaman sebuah badai kuat yang menghantar angin kencang ke kota suci Mekkah. Tak terelakan sebuah crane akhirnya tumbang dan jatuh ke area pelataran Masjidil Haram hingga mengakibatkan korban jiwa dan luka-luka.

Perluasan area Masjidil Haram tak lepas dari jasa dan visi misi khalifah Umar Bin Khattab. Beliau telah memperkirakan dan menginisiasi perluasan area Masjidil Haram yang terus dilakukan penyempurnaan nya hingga saat ini.

Semoga perluasan ini berdampak baik khususnya oleh umat Islam Indonesia karena dengan perluasan ini otomatis daya tampung semakin banyak dan masa tunggu haji akan kembali normal seperti saat sebelum dilakukan pekerjaan renovasi di tahun 2012.

Leave a Comment