biaya umrah

Biaya umrah yang murah menjadi salah satu alternatif yang banyak dipilih oleh calon jamaah umrah yang terkendala dengan biaya. Umrah merupakan ibadah sunah umat Islam yang biasanya dilakukan bersamaan dengan ibadah haji, setelah haji, dan bahkan sebelum melakukan haji. Sebenarnya cara melakukan umrah hampir sama dengan haji, hanya rukun-rukunnya yang berbeda.

Namun, yang menjadi permasalahannya banyak umat Islam di Indonesia yang belum bisa melaksanakan ibadah umrah dikarenakan biaya, sehingga umrah dengan biaya yang terjangkau banyak dicari oleh masyarakat. Sebenarnya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar Anda bisa umrah dengan biaya yang murah. Berikut ini langkah mudah umrah dengan biaya yang murah.

Langkah Mudah Mendapatkan Biaya Umrah Murah

Mengurus Visa

Visa dan paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki jika ingin berkunjung ke tanah suci, sehingga Anda perlu mengurusnya terlebih dahulu. Pada saat mengurus visa dan paspor Anda harus melakukannya dengan jeli. Hal ini dikarenakan pemerintah Arab Saudi tidak memberlakukan VoA atau Visa on Arrival untuk kunjungan apapun, baik itu haji, umrah, ataupun kunjungan biasa.

Untuk visa wajib harus diurus terlebih dahulu di Kedutaan Besar Arab Saudi. Saat ini juga sudah banyak agen perjalanan umrah yang akan mengurus visa dan paspor calon jamaah umrah agar lebih mudah. Yang perlu diperhatikan bahwa agen tersebut harus sudah memiliki izin resmi dan terdaftar di Kementrian Agama Republik Indonesia.

Jangan Pergi Sendirian

Hal penting yang harus dilakukan selanjutnya adalah jangan pergi sendirian. Untuk jamaah umrah yang pergi dengan cara backpacker juga seharusnya tetap bersama orang lain agar bisa berbagai biaya. Biaya umrah yang dimaksud seperti biaya transportasi, biaya makan, serta biaya akomodasi. Risiko tersesat saat di Tanah Suci juga bisa dihindari jika pergi secara bersama-sama.

Untuk mendapatkan teman seperjalanan Anda bisa mencarinya di forum umroh backpacker. Teman seperjalanan ini sangatlah penting, karena menjadikan perjalanan umrah lebih tenang dan bisa saling membantu saat berada di Tanah Suci.

Perhitungkan Waktu Keberangkatan

Langkah yang selanjutnya yaitu memperhitungkan waktu keberangkatan. Seperti halnya ibadah lainnya, ibadah umrah juga ada waktunya mengalami kenaikan jumlah jamaah dan biasanya terjadi pada bulan Ramadhan. Pada saat jumlah jamaah ramai maka harga tiket juga akan semakin tinggi. Biaya pembuatan visa juga akan semakin naik. Untuk mendapatkan biaya umrah murah Anda  bisa berangkat pada saat tidak ramai, karena umrah waktunya tidak ditentukan.

Keuntungan lain yang diperoleh jika berangkat umrah pada saat tidak ramai jamaah selain biayanya yang murah juga Anda bisa beribadah dengan lebih khusyuk. Hal ini karena Anda tidak perlu berdesak-desakkan dengan jamaah lainnya saat sedang beribadah.

High season dan low season umrah harus diperhatikan dengan benar jika hendak melakukan umrah sebab berdampak pada biaya transportasi, biaya penginapan, biaya makan, dan juga faktor kesehatan. Dengan tubuh yang sehat dan fasilitas yang memadai maka ibadah umrah yang dijalankan bisa lebih khusyuk.

Bagi Anda yang ingin melaksanakan ibadah umrah dengan biaya murah namun tidak mau direpotkan dengan pengurusan paspor dan visa bisa menggunakan jasa travel dan umrah yang sudah dipercaya. Alhijaz Indowisata merupakan pilihan yang tepat karena sudah berpengalaman dalam membantu jamaah umrah ke Tanah Suci. Selain itu, banyak sekali jamaah umrah yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Alhijaz Indowisata kepada para jamaah.