Kenapa harus umroh? Pertanyaan yang mungkin cukup menggelitik. Kita sendiri sudah sangat familiar dengan ibadah sunnah satu ini. Terutama ketika sederet artis Tanah Air muncul di layar kaca saat hendak melaksanakan umroh. Belum lagi saat kita mendengar cerita pengalaman banyak orang yang sudah pernah umroh, terbersit keinginan kita untuk melaksanakan ibadah ini juga.

Meski umroh bukanlah ibadah yang diutamakan, namun toh nyatanya dari tahun ke tahun masyarakat muslim semakin berminat untuk berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan umroh. Ibadah umroh juga menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang mereka yang belum memiliki kesempatan untuk pergi berhaji.

Bukan rahasia lagi jika kita ingin berhaji, sistem kuota yang ada di negara kita ini membuat calon jamaah haji harus rela mengantri bahkan hingga bertahun-tahun. Namun, meskipun bukan ibadah yang utama, ada banyak alasan kenapa harus umroh ketika Anda sudah merasa mampu melaksanakannya, baik dari segi finansial maupun fisik.

Inilah Alasannya Kenapa Harus Umroh Ketika Anda Mampu

Ibadah umroh merupakan kaffaroh (penghapus dosa)

Allah Subhanahuwataalla akan menghapus dosa-dosa yang telah kita perbuat  di antara pelaksanaan umroh yang satu dengan umroh setelahnya. Sederhananya jika kita sudah pernah berumroh, kemudian 3 tahun lagi kita berumroh kembali, maka dosa-dosa yang kita perbuat dalam kurun 3 tahun tersebut akan mendapat ampunan dari Allah.

Umroh merupakan jihad bagi wanita serta orang-orang yang lemah

Ini merupakan keistimewaan umroh yang pernah terjadi pada zaman Rasulullah SAW. Pada masa peperangan kala itu, para wanita dan orang-orang yang fisiknya lemah tidak ikut berjihad/berperang, namun Rasulullah menyuruh mereka untuk melakukan ibadah umroh sebagai fadillah pahala berjihad.

Akan dimuliakan menjadi tamu Allah

Ibadah umroh maupun haji merupakan ibadah yang sangat istimewa karena itu berarti bahwa Anda menjadi tamu Allah selama menjadi jamaah. Hal tersebut juga yang telah dikatakan oleh Rasulullah. Jika kita bertamu ke rumah Allah, maka kita akan dimuliakan oleh-NYA.

Doa-doanya akan dikabulkan

Inilah yang menjadi alasan terbesar kenapa harus umroh ketika sudah mampu. Selama kita khusyuk dalam memanjatkan doa dan berserah diri sepenuhnya kepada Allah, maka doa-doa dan harapan yang kita hanturkan insya Allah akan tercapai setelah kita pulang dari umroh.

Dapat bertemu dengan saudara-saudara muslim dari belahan dunia lain

Setiap umat muslim adalah saudara. Ibadah umroh tidak hanya diikuti oleh jamaah dari Indonesia saja, banyak juga jamaah umroh dari negara lainnya. Tidak beda jauh dengan ibadah haji. Kita akan bertemu saudara-saudara kita dari berbagai suku, bangsa, ras, dan latar belakang.

Umroh dapat menghilangkan kefakiran

Umroh secara tidak langsung dapat menghilangkan kefakiran. Jika kita berniat tulus ingin beribadah semata-mata karena Allah, maka Allah akan mengganti rejeki kita dengan yang lebih baik dan lebih berkah. Termasuk ketika kita menyisihkan uang kita untuk berumroh.

Menghapus rasa rindu pada Tanah Suci

Bagi yang sudah pernah berhaji, tentu akan merasakan rindu menginjakkan kaki di Tanah Suci. Jika ternyata tidak ada lagi kesempatan untuk berhaji, berumroh menjadi pilihan untuk mengobati kerinduan pada Tanah Suci, Mekkah Al-Mukarromah.

Itu dia tadi beberapa alasan kenapa harus umroh. Jika Anda ingin berumroh, Anda bisa mengamanahkan pelaksanaannya pada Al-Hijjaz, agen travel umroh dan haji yang selalu memberikan pelayanan terbaik.

Leave a Comment