umroh

Umroh menjadi ibadah sunnah yang banyak dilakukan oleh umat Islam yang ada di dunia. Berkunjung ke Tanah Suci merupakan hal yang paling diinginkan oleh setiap umat Islam. Di Indonesia sendiri jumlah calon jamaah umrah dan haji selalu meningkat setiap tahunnya. Saat ini juga sudah banyak travel umrah yang bisa mempermudah Anda dalam mengurus perjalanan umrah.

Ternyata selain persiapan materi, Anda juga harus mempersiapkan fisik dan mental agar rangkaian ibadah umrah bisa berjalan dengan baik. Ibadah umrah mirip seperti ibadah haji, sehingga membutuhkan fisik yang sehat agar bisa menjalankan setiap ibadah di Tanah Suci. Mental atau niat juga harus diluruskan agar perjalanan dan ibadah umrah bisa berjalan dengan baik.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Berangkat Umroh

Niat

Persiapan pertama yang harus dilakukan adalah dengan meluruskan niat. Para calon jamaah umrah harus niat beribadah memenuhi panggilan Allah SWT. Sebab apa yang akan terjadi di perjalanan ataupun di Tanah Suci kelak tidak ada yang tahu. Bagi Anda yang masih memiliki jiwa muda hilangkan niat untuk pamer foto di media sosial dan sebagainya.

Anda juga harus menghilangkan niat agar dihormati oleh masyarakat karena telah melaksanakan ibadah umrah. Seperti halnya ibadah haji, ada beberapa orang yang hanya ingin memiliki derajat tinggi di masyarakat kemudian melakukan ibadah haji. Yang perlu dilakukan oleh calon jamaah haji adalah meluruskan niat dengan beribadah ikhlas mengharapkan ridho Allah SWT.

Persiapan Fisik

Setelah meluruskan niat maka hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah melakukan persiapan fisik. Ternyata persiapan fisik ini merupakan hal penting yang tidak bisa dianggap sepele, sebab dengan fisik yang kuat  jamaah umrah bisa beribadah dengan lebih baik dan khusyuk. Anda bisa melakukan beberapa latihan fisik seperti berjalan pada saat pagi dan sore hari. Apabila masih memungkinkan lari pagi juga menjadi alternatif yang baik untuk dilakukan agar fisik lebih kuat.

Melakukan olahraga ringan ini sangat dianjurkan karena tubuh menjadi lebih bugar. Kesehatan juga lebih terjaga jika terbiasa melakukan olahraga, sehingga pada saat melaksanakan umrah yang notabene membutuhkan banyak kekuatan fisik seperti berjalan jauh, tubuh menjadi terbiasa dan tidak merasa terlalu lelah.

Persiapan Mental

Persiapan mental juga menjadi hal yang harus diperhatikan sebelum berangkat umrah. Anda harus mempersiapkan mental atas gangguan-gangguan yang mungkin terjadi seperti fasilitas toilet yang berbeda dengan di rumah, menghadapi perilaku banyak orang asing yang berbeda wataknya, dan berbagai hal lainnya.

Dengan persiapan mental yang baik membuat Anda tidak mudah mengeluh ketika terjadi sesuatu pada saat umrah. Misalnya seseorang tidak mempersiapkan mental namun menaruh ekspetasi yang tinggi pada saat umrah maka besar kemungkinan akan mudah mengeluh jika terjadi sesuatu.

Manajemen Waktu

Manajemen waktu juga harus Anda perhatikan dengan baik saat berada di Tanah Suci. Anda harus mempelajari kebiasaan di Mekkah dan Madinah untuk mendapatkan manajemen waktu yang baik. Seperti datang lebih awal sebelum sholat dimulai kemudian mencari tempat untuk sholat. Anda bisa menanyakan hal ini kepada biro travel umrah yang sudah terpercaya agar bisa untuk persiapan.

Biro travel umrah yang sudah terpercaya dan bisa Anda pilih adalah Alhijaz Indowisata. Sebagai travel umrah yang sudah berpengalaman membantu keberangkatan dan perjalanan umrah Alhijaz Indowisata menawarkan berbagai paket yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Ada juga paket umrah yang sekaligus melakukan perjalanan ke Turki.

Leave a Comment