yang harus disiapkan sebelum berangkat umroh

Yang harus disiapkan sebelum berangkat umroh yang paling utama adalah waktu. Kita tidak bisa menginginkan berangkat beribadah umroh sekarang besok bisa langsung berangkat. Biasanya banyak yang harus disiapkan terlebih dahulu seperti visa. Oleh karena itu, biasanya agen travel ibadah umroh membuat jadwal-jadwal khusus pemberangkatan jamaah umroh.

Namun, tidak seperti kita berangkat haji, yang harus mendaftar dan antre menunggu pemberangkatan sampai bertahun-tahun. Ibadah umroh biasanya di sediakan oleh jasa agen travel yang bergelut di bidang ini. Waktu pendaftaran sampai berangkat pun tidak terlalu lama biasanya satu bulan setelah pendaftaran, jamaah bisa berangkat menunaikan ibadah.

Sebelum pemberangkatan jamaah biasanya melakukan tes kesehatan dan juga pembekalan ilmu selama ada di sana. Jadi buat kalian yang baru pertama kali menunaikan umroh, tidak perlu bingung akan ada pemandu khusus yang disediakan oleh jasa agen umroh ini.

Namun, ada hal yang harus disiapkan sebelum berangkat umroh karena perjalanan umroh termasuk perjalanan yang cukup lama biasanya dari berangkat sampai pulang minimal 10 hari.

Apa Saja yang Harus Disiapkan Sebelum Berangkat Umroh ?

  1. Niat

Seperti biasanya, apa pun yang kita lakukan semua harus didasari dengan niat yang benar. Jangan sampai sudah  perjalanan jauh membuang waktu dan juga uang yang cukup banyak namun apa yang kita lakukan justru sia-sia.

Niat awal kita berangkat umroh adalah untuk ibadah, berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW jangan sampai niatan awal kita hanya untuk liburan atau jalan-jalan keluar negeri. Saat niat awal kita hanya liburan maka kita tidak mendapatkan pahala beribadah, namun sebaliknya saat kita niat untuk beribadah maka yang kita lakukan sekalian liburan.

Kita harus pintar-pintar menanamkan niat di hati kita. Istilahnya jangan sampai salah kaprah yang niatnya ibadah malah jadi fokus ke liburan. Umroh merupakan suatu ibadah yang banyak dinantikan oleh umat muslim.

  1. Ilmu

Ibadah tidak bisa sembarang yang penting berangkat. Kita harus membekali diri dengan ilmu. Sebelum berangkat biasanya agen jasa umroh akan menyediakan layanan manasik, agar saat kita berada di Mekah maupun Madinah kita tidak bingung apa yang akan dilakukan di sana.

Sebaiknya para jamaah pemula benar-benar memperhatikan setiap detail ilmu yang diberikan, walaupun di sana ada pemandu saat beribadah, namun kita bukanlah anak kecil yang harus terus dibimbing kita harus memahami ilmu-ilmunya setidaknya ilmu yang dasar untuk menunaikan ibadah umroh.

  1. Target ibadah

Yang harus disiapkan sebelum berangkat umroh selanjutnya adalah target ibadah. Niatan awal kita di sana kan untuk menjalankan ibadah, alangkah lebih baik dari rumah kita sudah menyiapkan target yang akan dilakukan di sana. Misalkan sholat jamaah harus lengkap ataupun hafal alquran. Jadi saat di sana kita sudah tahu apa yang harus kita lakukan.

  1. Mental dan fiaik

Umroh merupakan sebuah ibadah yang cukup berat. Karena perjalanan yang jauh dan juga jadwal ibadah yang biasanya cukup padat. Kita harus pandai memenej waktu itu yang paling penting. Kapan saat beribadah dan kapan saat untuk berbelanja semua harus diatur dengan baik agar fisik kita selalu fit.

Selain fisik kita harus menyiapkan yang benar-benar tangguh. Ibadah umroh adalah ibadah yang dilakukan oleh seluruh umat Islam di dunia maka orang-orang di sana pun mempunyai berbagai macam karakteristik. Kadang ada yang keras dan mau menang sendiri maka persiapan mental itu perlu.

Yang harus disiapkan sebelum berangkat umroh yang paling utama ada packing.   Jangan sampai sudah di tanah suci kita baru sadar barang-barang kita ada yang tertinggal. Dibutuhkan waktu sebelum berangkat untuk mengemas barang-barang kita.

Leave a Comment