kabah-jaman-dulu

Apa itu Masjidil Haram  ? simak beberapa definisi berikut :

  1. Masjidil Haram dengan definisi Ka’bah
  2. Masjidil Haram dengan definisi Ka’bah dan sekitarnya. Dalam hal ini yang dimaksud adalah sekeliling Ka’bah, seperti maqom Ibrahim, pelataran untuk Thowaf, zamzam, dan bangunan maupun halaman untuk salat, termasuk meliputi semua bagian perluasan yang dimulai oleh Sayyidina Umar hingga sekarang.
  3. Masjidil Haram dengan definisi seluruh kota Mekah
  4. Masjidil Haram dengan definisi seluruh daerah tanah suci.
    Dari sekian Definisi diatas definisi nomor dua merupakan definisi yang disepakati oleh para ulama. Yaitu Masjidil Haram yang mencakup Ka’bah dan semua yang ada di sekelilingnya.

Masjidil Haram adalah tempat yang sangat mulia bagi seluruh umat Islam di dunia. Alquran menyebut Masjidil Haram ini dengan sebutan al-bait al-haram, al-bait al-‘Atiq, al-haram al-Amin, dan seterusnya. Al Quran menyebut masjidil Haram tidak kurang dari 40 kali serta hal-hal yang berhubungan dengannya.

Dikatakan Masjidil Haram adalah masjid pertama yang dibangun di muka bumi ini. Masjidil Haram dibangun oleh Nabi Ibrahim AS. Namun pada masa itu, masjid ini tidak seperti bangunan sekarang. Masjidil Haram Pada masa itu hanya berupa tempat lapang dengan batas-batas tertentuSWT digunakan untuk beribadah dan bermunajat kepada Allah.

Dalam sebuah hadits dari Abu Dzar Ra, ia berkata:
bertanya kepada Rasulullah tentang Masjid yang pertama kali dibangun. Maka Rosulullah menjawab: Masjidil Haram kemudian aku bertanya lagi, “Kemudian masjid apa lagi?” Rasulullah SAW menjawab: ” masjid Al Aqsa” aku bertanya kepada Rasulullah:”berapa jarak antara keduanya?” Rosululloh SAW menjawab “40 tahun” (HR Bukhari dan Muslim).

Terbayangkah bagaimana wajah Masjidil Haram dengan bangunan Kabah didalamnya pada Jaman dulu jauh sebelum renovasi? Silahkan nikmati koleksi foto masjidil haram dibawah ini

Leave a Comment